Kamis, 26 Desember 2013

SEHAT BERSAMA SI MUNGILmengenal lebih jauh kubis

            Kadang-kadang bakteri berbahaya memasuki tubuh kita. E. coli adalah bakteri yang hidup secara alami dalam usus kita, tetapi strain berbahaya bisa berbahaya atau fatal. Kadang-kadang, ketika kita sakit, kita mengambil obat diklasifikasikan sebagai antibiotik, yang menghancurkan bakteri. Selain membunuh bakteri yang tidak diinginkan, mereka juga menghancurkan bakteri menguntungkan yang baris usus besar kita, yang dapat menyebabkan ketidaknyamanan usus seperti diare. Lactobacillus plantarum membantu untuk mengembalikan keseimbangan bahwa antibiotik dapat mengganggu. Lactobacillus plantarum ditemukan dalam air liur manusia dan dalam beberapa sayuran yang dibudidayakan, seperti kubis dan pokok Korea, kimchi. Konsultan nutrisi dan penulis Donna Gates berpendapat bahwa L. plantarum merupakan salah satu bakteri yang paling penting dalam sistem kami, karena umumnya kebal terhadap antibiotik. Ini berarti bahwa L. plantarum selalu tersedia untuk menjaga keseimbangan yang sehat dalam usus kita (anonim,2013).
            Bangsa Korea juga telah mengembangkan Kimchi, yaitu produk fermentasi asam laktat campuran berbagai sayur-sayuran seperti Kubis Cina, Lobak, Cabe merah dan bahan-bahan lainnya (unimus, 2013).
            Hampir semua jenis sayur-sayuran, termasuk sayuran buah seperti, ketimun, tomat dan zaitun daopat difermentasi oleh bakteri asam laktat. Semua jenis sayur-sayuran mengandung gula dan komponen-kompoenen nutrisi lainnya yang cukup sebagao substrat untuk pertumbuhan bakteri asam laktat dan mikroba –mikroba lainnya. Namun demikian, sayur-sayuran yang paling popular digunakan untuk fermentasi asam laktat adalah kubis untuk pembuatan sauerkraut serta ketimun dan zaitun untuk pembuatan pikel (unimus, 2013)
            Sauerkraut dengan nama lain adalah kol asam merupakan makanan khas jerman yang terbuat dari kubis yang diiris halus dan difermentasi oleh barbagai bakteri asam laktat, seperti Leuconosoc, Lactobacillus dan Pediococus. Sauerkraut dapat bertahan lama dan memiliki rasa yang cukup asam, hal ini terjadi disebabkan oleh bakteri asam laktat yang terbentuk saat gula di dalam sayuran berfermentasi (Wikipedia, 2011).
            Lactobacillus plantarum adalah spesies penghasil asam tinggi dan sama-sama dengan suatu spesies yang kurang popular, Pediococcus cerevisiae, memegang suatu peranan yang utama pada fermentasi sayur-sayuran, khususnya fermentasi pada larutan garam (unimus, 2013). Konsentrasi garam yang digunakan dalam praktikum pembuatan sauerkraut kami adalah sekitar 2,5% (merupakan konsentrasi garam yang optimum) (Sumanti, 2007).
            Sel Lactibacillus plantarum juga berbentuk batang lurus dengan ukuran panjang 3,0 sampai dengan 8,0 mikron dan lebar 0,7 sampai dengan 1,0 mikron dan pada umumnya tumbuh membentuk rantai. Spesies ini adalah penghasil asam tertinggi diantara spesies bakteri yang terkandung pada sauerkraut. Dapat menghasilkan asm laktat-DL tiga sampai empat kali lebih banyak dari pada yang dihasilkan Leuconostoc. Temperatur pertumbuhan dari spesies ini adalah juga sekitar 30°C (unimus, 2013).


Daftar Pustaka                                

Sumanti, Ir., MS, Debby. Teknologi Fermentasi dalam Pelatihan Teknologi Pengolahan Hasil Pertanian. [online]. Tersedia di: http://www.gogreen.web.id/2007/08/sauerkraut.html. Diakses pada 26 Desember 2013 pukul 22:01 WIB.
Anonim. Apa Lactobacillus plantarum?. http://id.manyknow.com/1/penyakit-dan-kondisi/kanker-paru-paru-dan-emfisema/article-140.htmlanonim. 2013. Diakses pada 26 Desember 2013 pukul 21:36 WIB.
Anonim. SAUERKRAUT. http://id.wikipedia.org/wiki/Sauerkraut. 2013. diakses pada 26 Desember 2013 pukul 21:56 WIB.
Anonim. TEKNOLOGI FERMENTASI SAYURAN. http://tekpan.unimus.ac.id/wp-content/uploads/2013/07/TEKNOLOGI-FERMENTASI-SAYURAN.pdf. 2013.Diakses pada 26 Desember 2013 pukul 21:46 WIB.


24 komentar:

  1. artikelnya bagus nyoh ,, baca di http://www.smallcrab.com/kesehatan/1044-manfaat-bakteri-probiotik-untuk-kesehatan-manusia ternyata bakteri yang kamu jadikan inspirasi buat artikel itu bisa digolongkan sebagai probiotik ..

    BalasHapus
  2. setuju dengan resti, saya mendapatkan tambahan informasi dari microbewiki.kenyon.edu/index.php/Lactobacillus_plantarum, bahwa Baru-baru ini L. plantarum telah diidentifikasi sebagai probiotik . Probiotik adalah mikroorganisme non patogen yang dapat memiliki dampak positif pada kesehatan manusia ketika mereka dicerna . Mereka menjadi suplemen makanan yang sangat populer bagi banyak orang , terutama mereka yang memiliki masalah pencernaan. Dalam hal ini , L. plantarum dapat dianggap sebagai simbion manusia. Bila probiotik yang tertelan secara teratur adalah mungkin bahwa komposisi mikroflora dalam saluran usus dapat dimanipulasi . Manipulasi ini memungkinkan peningkatan keseimbangan mikroba , stabilisasi pola enzim pencernaan , dan immunomodulation dengan mengaktifkan dan mengatur respon sistem kekebalan mukosa terkait dan sistemik . Mikroflora yang ditemukan di saluran usus diduga memberikan perlindungan dari patogen. Seiring dengan kemungkinan penggunaan sebagai probiotik , ada lagi penggunaan yang sangat penting untuk L. plantarum . Bakteri Gram positif telah diteliti untuk waktu yang lama karena kemampuan mereka mungkin untuk mengubah biomassa lignoselulosa untuk biofuel dan Bioproducts. untuk memanipulasi genetik bakteri asam laktat tertentu untuk mengkonversi biomassa pertanian menjadi etanol serta produk nilai tambah lainnya . L. plantarum adalah spesies yang dipelajari secara luas dan sekarang telah menjadi model untuk manipulasi genetik bakteri asam laktat . Studi saat ini sedang melihat induksi mutasi yang berbeda ke dalam kromosom untuk menghilangkan produk yang tidak diinginkan yang datang dengan fermentasi .

    BalasHapus
  3. Setuju banget put sama artikel yg kamu buat apalagi ada kimchinya makanan khas koreaaa ummm jadi pengen nyobain hehehe tapi ini juga ada tambahan nih put mengenai manfaat dari bakteri ini hehe mudah-mudahan bermanfaat http://teguhheriyanto.blogspot.com/2012/11/v-behaviorurldefaultvmlo.html, tapi artikel yang puput buat udah bagus ko :) tidak kalah bagusnya seperti referensi yg aku kasih hehe

    BalasHapus
  4. setuju sama ka put sehat bersama si mungil sama seperti penulisnya yg mungil hehe. . dari teman-teman yang nambahin artikel ini tentang si bakteri Lactobacillus plantarum ini sebagai probiotik . 1 pertanyaan apakah bakteri ini bisa dijadikan minuman probiotik jugaa dan kira" gimana prosesnya yaa? hehe terimakasih ka put :)

    BalasHapus
  5. Menurut Von Hofsten dan Wirahadikusumah (1977) ada tiga jenis bakteri asam laktat yang berpengaruh selama proses ensiling. diantaranya bakteri itu adalah bakteri Lactobacillus plantarum. Ensiling merupakan proses biokimia yang dilakukan oleh kelompok bakteri laktat yaitu Lactobacillus dengan hasil akhirnya antara lain mendapatkan asam laktat dan pH yang rendah, Asam laktat dapat bersifat mengawetkan bahan pangan. tambahin ini saya baca dari alamat blog ini http://axenza.blogspot.com/2009/03/lactobacillus-plantarum_13.html

    BalasHapus
  6. Setuju denga penulis, Lactobacillus plantarum banyak di temukan di kimchi , acar sayuran bahkan air liur manusia. Bakteri ini punya segudang manfaat, bakteri ini merupakan salah satu bakteri probiotik terbaik untuk sistem pencernaan. beberapa manfaatnya : menghalangi bakteri jahat masuk ke pembuluh darah melalui sel usus, dapat mengobati sindrom Bowel, dapt meredakan gejala Crohn, dan menyembuhkan penyakit kolitis.
    Sumber : http://bodyecology.com/articles/lactobacillus_plantarum_benefits.php#.Usds-vQW37Q

    BalasHapus
  7. waah hebat yaa meskipun banyak bakteri yang dapat memfermentasikan sauerkraut ternyata Lactobacillus plantarum lebih banyak menghasilkan asam laktat,, dan termasuk bakteri probiotik terbaik untuk sitem pencernaan seperti yang dipaparkan oleh teman-teman diatas.. artikelnya menarik kaput :)

    BalasHapus
  8. Assalamualaikum.. puput, artikelnya sangat mengharukan dan menginspirasi. subhanallah ya. allah maha besar segala puji bagi Allah yang telah menciptakan. bakteri mungil ini memiliki kandungan Menghasilkan vitamin A, B1, B2, B3, B5, B6, B12 dan K serta rangkaian ringkas asid lemak. dan juga merupakan SATU-SATUNYA BAKTERI YANG TIDAK DAPAT DIMUSNAHKAN OLEH ANTIBIOTIK.HAHAHAHAAHA.. makasih ye,

    BalasHapus
  9. hai ka, setuju dengan pendapat kaka, setuju juga dengan pendapatnya dhuhana. Benar sekali bahwa Lactobacillus plantarum dapat ditemukan di kimchi dan juga acar sayuran.Bakteri ini dapat mengatasi perut kembung dan dan rasa tidak nyaman terkait gangguan usus.
    Referensi : http://laeners.blogspot.com/2010/04/manfaat-sehat-sembilan-bumbu-masak.html

    BalasHapus
  10. Wah menarik yah bisa sehat bareng si unyu2 bakteri kamu put,hehhee
    Baca di http://id.wikipedia.org/wiki/Lactobacillus Beberapa Lactobacillus spp. dan bakteri asam laktat lainnya memiliki potensi untuk pengobatan dan terapi, termasuk pereda rasa nyeri, anti-kanker, dan kemampuan lainnya. Studi riset telah mendemonstrasikan efek perlindungan sebagian jenis bakteri ini memiliki pengaruh anti-tumor dan anti-kanker.

    BalasHapus
  11. Judul artikelnya sesuai dengan penulisnya yaa "Si Mungil" hihi
    artikel dan tambahan dari teman-teman sudah lengkap dan dapat menambah pengetahuan baru untuk saya. terimakasih semua :)

    BalasHapus
  12. Artikelnya menarik sekali, jadi bisa dikatakan bakteri ini dapat melakukan fermentasi jika ada konsentrasi garamnya ? Lalu kalau ga ada larutan garamnya apakah bakteri itu masih bisa melakukan fermentasi ? Hehe selebihnya saya setuju dengan artikel ini terimakasih ka put :)

    BalasHapus
  13. Setuju sekali dg artikel ini.. bakteri asam laktat satu ini digunakan untuk menghambat penurunan mutu filet nila merah sehinga dapat disimpan dalam waktu lebih lama. Menurut Jenie dan Rini (1995) Lactobacillus plantarum mempunyai kemampuan untuk menghambat mikroorganisme pathogen pada bahan pangan dengan daerah penghambatan terbesar dibandingkan dengan bakteri asam laktat lainnya. http://axenza.blogspot.com/2009/03/lactobacillus-plantarum_13.html
    Makasi infonya ka put dan tmn2 yg telah menambahkan :)

    BalasHapus
  14. Assalam ka puput, artikelnya bagus banget menambah informasi dan pengetahuan tentang bakterinya. komentar2 dari teman2 juga membantu memperjelas artikelnya. terima kasih

    BalasHapus
  15. Assalamualaikum..
    setelah membaca artikel ini serta beberapa tambahan dari teman2, jadi saya dapat menyimpulkan ternyata bakteri ini mempunyai banyak manfaat ya dibanding kerugiannya.. bagus artikelnya menambah pengetahuan bagi para pembacanya :)
    Thanks (y)

    BalasHapus
  16. baru tau kalo kimchi yang terkenal itu dari fermentasi bakteri Lactobacillus plantarum.. wah wah benar-benar bermanfaat sebagai bahan bacaan.. thank you

    BalasHapus
  17. Assalamu'alaikum kaput, artikelnya menambah wawasan ya. Saya mau saran sedikit nih kaput, blognya dirapihkan lagi ya supaya membacanya lebih enak hehe :D
    Oke lepas dari masalah blog, saya mau menambahkan sedikit ya kaput dari referensi yang saya baca di http://majalahkesehatan.com/spesies-bakteri-probiotik-dan-manfaatnya/
    bahwa Lactobacillus plantarum menghasilkan asam laktat di saluran pencernaan. Penelitian menunjukkan bahwa Lactobacillus plantarum membantu mengurangi perut kembung. Spesies probiotik ini juga membantu penyerapan vitamin dan antioksidan serta menghilangkan komponen beracun dari makanan.
    Terima kasih :)

    BalasHapus
  18. Selain menjadi probiotik terbaik untuk mengatasi gangguan pencernaan, L. plantarum juga memiliki manfaat lain misalnya saja sebagai pengobatan untuk Irritable Bowel Syndrome (IBS), meredakan penyakit Crohn, dan membantu menyembuhkan kolitis. Bahkan beberapa orang memerlukan L. plantarum untuk meningkatkan kesehatan mereka. Orang-orang tersebut adalah wanita hamil, bayi, dan anak-anak autis.

    Fedorak, Dr. Richard, Digestive Disease Week 2003. http://www.crohns.net/Miva/education/articles/fedorak_DDW.shtml

    http://www.ncbi.nlm.nih.gov/sites/entrez?
    cmd=retrieve&db=pubmed&list_uids=11711768&dopt=Abstract

    http://bodyecology.com/articles/lactobacillus_plantarum_benefits.php#.UsgU-vRdUfk

    BalasHapus
  19. Assalamualaikum setalah saya memebaca artikel ini saya tertarik dengan kalimat Bangsa Korea juga telah mengembangkan Kimchi, yaitu produk fermentasi asam laktat campuran berbagai sayur-sayuran seperti Kubis Cina, Lobak, Cabe merah dan bahan-bahan lainnya (unimus, 2013). Hampir semua jenis sayur-sayuran, termasuk sayuran buah seperti, ketimun, tomat dan zaitun daopat difermentasi oleh bakteri asam laktat. Semua jenis sayur-sayuran mengandung gula dan komponen-kompoenen nutrisi lainnya yang cukup sebagao substrat untuk pertumbuhan bakteri asam laktat dan mikroba –mikroba lainnya. Namun demikian, sayur-sayuran yang paling popular digunakan untuk fermentasi asam laktat adalah kubis untuk pembuatan sauerkraut serta ketimun dan zaitun untuk pembuatan pikel (unimus, 2013) " ternyata bakteri lactibacillus pantarum ini sangat bermanfaat khusunya di bidang kuliner makanan. thanks infonya :)

    BalasHapus
  20. Ngomongin kimchi jadi pengen tahu rasanya kaya apa? Terimakasih infonya puput , sangat bermanfaat untuk saya khususnya :)

    BalasHapus
  21. Terimakasih Puput dan teman-teman yang telah berkomentar karena menambah wawasan saya mengenai Lactobacillus plantarum. ada manfaat dalam biokimia put, Seluruh genom baru-baru ini telah diurutkan, dan promotor perpustakaan telah dikembangkan untuk kedua ekspresi gen kondisional dan konstitutif, menambah utilitas L. plantarum. Hal ini juga umum digunakan sebagai organisme indikatif dalam percobaan bioassay niacin, khususnya, AOAC Official Method International 944,13, karena merupakan auxotroph niacin.
    http://en.wikipedia.org/wiki/Lactobacillus_plantarum

    BalasHapus
  22. setelah membaca artikel ini dan dari berbagai sumber ternyata bakteri L. plantarum manfaatnya banyak sekali, gterima kasih ka puput informasinya sangat bermanfaat sekali

    BalasHapus
  23. Asalamualaikum ka puput :) . artikelnya bagus, mungkin akan lebih jelas jika ditambah gambar. berbicaa tentang kimchi jadi penasaran ;) .
    trimakasih infona ka puput dan teman-teman :)

    BalasHapus
  24. Artikel yang bagus, menarik dan bermanfaat. Setelah saya membaca artikel ini, informasi yang saya dapatkan yaitu bakteri ini berperan positif sebagai pemfermentasi sayur sayuran.
    Refrensi tambahan:

    http://bodyecology.com/articles/lactobacillus_plantarum_benefits.php#.UsgU-vRdUfk

    BalasHapus